Saya memiliki sebuah LCD bekas Efek Gitar Bass Line 6 BassPod XT Live, ukurannya sama seperti LCD 16x2 tapi memiliki pin lebih banyak. Ada 20 pin pada LCD ini, dua diantaranya adalah pin LED backlight. Dilihat dari jumlah pin yang lebih banyak dari LCD 16x2 dan beberapa gambar referensi mengenai efek gitar tersebut, saya langsung berkesimpulan bahwa ini adalah LCD grafik.
          Baru kali ini saya menemukan LCD grafik berukuran kecil seperti ini, karena terkadang bereksperimen dengan arduino saya tertarik untuk menggunakannya untuk project saya, dengan backlight berwarna oranye pikirku akan menambah kesan mirip radio-radio pabrikan jika dipakai untuk display DDS.
         Tapi ternyata tidak semudah itu untuk menyalakan lcd ini dengan arduino, banyak referensi pinout dan code program yang saya coba namun hasilnya nihil. Entah kenapa lcd ini sangat minim informasi, saya tidak menemukan datasheet yang cocok sampai hampir menyerah.

LCD Misterius dari Line 6 BassPod

Mungkin dua tahun lebih saya mencari referensi lcd ini, hingga tiba-tiba teman mengirim pesan bahwa layar DSP miliknya mengalami blank, dia mengirimkan file service manual DriveRack dbx 260 miliknya. Dari situlah saya berfikir kenapa saya tidak mencari service manual dari BassPod juga, mungkin ada referensi pin lcd disana.
         Setelah mencari akhirnya ketemu, dan benar saja semua komponen dan skematik ada didalam service manual BassPod, termasuk pin lcd.

Skema yang saya ambil dari service manual Line 6 BassPod.

         Setelah menghubungkan lcd ke arduino sesuai dengan skema tersebut, dan mencari konfigurasi pin yang sesuai pada library U8G2, akhirnya yang selama ini saya harapkan akhirnya terwujud. LCD menyala dengan tulisan terpotong 😅.


Untuk jenis display saya gunakan SED1520_122x32_F


Untuk skema yang saya gunakan adalah seperti berikut:
Pin 3 (Contrast) saya hubungkan langsung ke GND agar lebih ringkas, untuk menambah contrast lepas pin 3 dari GND lalu beri tegangan negatif yang keluar dari pin 4 lcd, resistor yang sesuai bernilai sekitar 15.5K karena tampilan tidak terlalu hitam dan terlalu pudar, atau bisa diganti dengan trimmer potensiometer agar lebih mudah mengaturnya.
Pada skema Line 6 BassPod, pengaturan contrast menggunakan PWM 1kHz, diumpankan ke rangkaian DAC sederhana dengan sebuah transistor dan beberapa resistor untuk mengatur tegangan yang masuk ke pin 3 lcd secara digital.

          Setelah mencoba memodifikasi code Hello World dengan mengganti font yang lebih kecil akhirnya tampilan menjadi normal dan dapat dibaca.

Contoh tampilan radio


Untuk font 5x7 ada beberapa huruf kecil yang terpotong dan terpisah di baris lain, seperti huruf "g, p, j,....."

          Walaupun ini lcd grafik 122x32, lcd ini dibagi menjadi 4 baris, kita tidak bisa dengan bebas memasukkan gambar, font, atau objek yang melebihi tinggi 8 pixel. Untuk menampilkan objek kita harus benar-benar tepat saat mengatur kursor agar objek tidak terpotong. Saya tidak tahu apakah ini memang karakteristik lcd atau dari library U8G2, saya hanya sebatas mencoba apa yang ada saja. 
Untuk objek drawStr, setCursor untuk teks posisi awal:
Line 1: cursor x=0, y=8
Line 2: cursor x=0, y=24
Line 3: cursor x=0, y=16
Line 4: cursor x=0, y=32

Untuk objek drawBox, drawFrame posisi awal:
Line 1: x=0, y=0, resolusi 122x8
Line 2: x=0, y=16, resolusi 122x8
Line 3: x=0, y=8, resolusi 122x8
Line 4: x=0, y=24, resolusi 122x8

Jika ingin mencoba code yang saya buat, silahkan download di link berikut:

Pada akhirnya saya merasa lega setelah sekian lama mencari informasi tentang lcd misterius tersebut.
Sedikit cerita, saya mendapatkan lcd ini beserta mainboard BassPod XT Live dari teman yang memiliki usaha pengepul barang bekas, informasinya diawal board ini masih hidup, namun setelah dicoba beberapa saat mati dan chip clock Latice terasa panas. Sebuah kesalahan besar karena board disuplay 12VDC sementara seharusnya adalah 9VAC karena di board sudah terdapat rangkaian regulator dengan out +15V, -15V, +8V, +5V, +3.3V.

Video here.....

Mungkin cukup sampai disini pembahasan tentang lcd bekas dari sebuah efek gitar ini.
Jika ada kesalahan mohon dikoreksi.
Semoga bermanfaat, salam.