Sebelumnya kita sudah membahas mengenai perakitan Portable DC Stepdown sebagai alat tambahan dalam pekerjaan atau hobi di bidang elektronika. Untuk versi modul buck stepdown yang digunakan adalah versi 3 ampere, dengan voltmeter terintegrasi dan dua buah tombol konfigurasi.  
         Modul ini memiliki beragam penyebutan, seperti Buck Power Supply, DC Stepdown, DC regulator, dan lain sebagainya. Pada intinya sama saja, itu hanya nama di pasar. Modul ini simpel dan mudah dirakit atau digunakan, ditambah lagi memiliki voltmeter tiga digit yang multifungsi, selain bisa untuk mengukur output dari stepdown itu sendiri, bisa juga digunakan untuk mengukur tegangan input. Resolusi voltmeter ini adalah  0.1V, sudah sangat cukup untuk pemakaian standar yang tidak memerlukan akurasi tinggi. Saat kita mengukur tegangan dibawah 10V, maka display hanya akan menampilkan dua digit angka saja, misal tegangan 8.36V maka akan ditampilkan 8.3V. Di beberapa versi voltmeter mini yang tidak terintegrasi dengan modul stepdown ada yang resolusinya lebih tinggi yaitu 0.01V,  untuk pengukuran tegangan dibawah 10V akan menampilkan dua digit angka dibelakang koma, namun untuk pengukuran tegangan diatas 10V hanya akan menampilkan satu digit angka diebalakang koma, ini dikarenakan keterbatasan jumlah digit pada display itu sendiri.
           Untuk menghasilkan pengukuran tegangan yang akurat, kita perlu melakukan kalibrasi terlebih dahulu dengan cara menyamakannya dengan alat ukur lain yang lebih akurat.
Ada dua tombol pada versi modul ini, tombol A dan tombol B.
Tombol A: untuk On/Off display (DOWN)
Tombol B: beralih mode mengukur, VIN atau VOUT. (UP/SET)

Untuk melakukan kalibrasi pengukuran VIN:
- Posisikan ke mode pengukuran VIN, LED IN akan menyala.
- Tekan dan tahan tombol B selama 3 detik atau lebih, lalu lepas.
- Display akan berkedip, atur nilai dengan cara menekan tombol A dan B (tombol A=Down dan tombol B=Up).
- Jika sudah sesuai dengan nilai di alat ukur lain yang digunakan sebagai acuan, kita tinggal save saja.
- Untuk menyimpan, tekan dan tahan tombol B lagi sekitar 3 detik lalu lepas, data sudah tersimpan dan display berhenti berkedip.

Proses kalibrasi pengukuran VIN.

Untuk melakukan kalibrasi pengukuran VOUT caranya sama, kita hanya perlu memposisikan pengukuran ke mode VOUT (ditandai led OUT menyala).

Proses kalibrasi pengukuran VOUT.

Sangat mudah bukan ?
Yang terpenting adalah kita harus punya alat ukur lain yang presisi dan sudah teruji akurasinya sebagai acuan saat kalibrasi.

Catatan: Cara ini hanya berlaku untuk versi ini saja, untuk versi lain seperti versi satu tombol saya belum mencobanya.

Demikian Penjelasan singkat tentang cara kalibrasi voltmeter pada modul dc stepdown ini, jika ada yang ingin menambahkan silahkan tinggalkan komentar.
Sekian, terima kasih, 73.