Stepdown adalah rangkaian yang berfungsi untuk menurunkan tegangan atau biasa disebut sebagai Regulator. Rangkaian stepdown terdapat di hampir semua perangkat elektronika, jadi kita tentu sudah tak asing lagi dengan rangkaian yang satu ini.
           Sebagai orang yang hobi elektronika, sering kali mengalami bingung saat memperbaiki atau mencoba suatu perangkat karena tidak adanya power supply atau sumber tegangan yang pas untuk perangkat tersebut, walau ada power supply tapi kadang dipakai perangkat lain, sebuah masalah sepele tapi mempersulit pekerjaan, pada akhirnya tetap harus meluangkan waktu lagi untuk sekedar membuat sirkuit stepdown darurat.
        Dari kejadian tersebut akhirnya saya berfikir untuk membuat sebuah regulator portable atau Portable DC stepdown, agar tak lagi mengalami masalah sepele seperti diatas.

Inilah Portable DC Stepdown yang saya rakit, bentuknya kecil seukuran bungkus rokok, jadi bisa dibawa kemana-mana dengan mudah.

Untuk rangkaiannya saya menggunakan modul Buck DC stepdown 3A yang banyak dijual di online shop. Alasannya jika merakit sendiri kurang efisien baik dari harga, waktu, hasil, fitur, dll.
Menggunakan buck dc stepdown ini jauh lebih murah, simpel, hasilnya jelas akurat dan sudah terdapat Voltmeter juga.
         Modul ini ada banyak versi baik dari bentuk, fitur, maupun spesifikasi. Saya memilih yang sederhana saja, bagi saya arus 3A saja sudah cukup untuk sekedar menyalakan perangkat kecil, mencoba rangkaian-rangkaian digital, lampu-lampu kecil dan sebagainya. Untuk versi yang saya pakai ini sudah terdapat voltmeter di PCB, namun karena saya akan memasangnya di sebuah box maka display seven segment harus saya lepas dan saya sambung dengan kabel agar lebih mudah untuk ditempatkan di titik yang saya mau.
Ada dua buah tombol yang berfungsi untuk on/off display, mengukur VIN atau VOUT dan juga kalibrasi VIN atau VOUT. 

Indikator led ketika di-set ke pengukuran VOUT.

Indikator led ketika di-set ke pengukuran VIN.

Tapi karena kedua tombol itu jarang dipakai jadi saya abaikan saja, sebelum dirakit untuk tampilan di-set ke pengukuran VOUT, dan jangan lupa melakukan kalibrasi terlebih dahulu dengan multimeter yang lebih akurat agar display menampilkan tegangan sesuai dengan tegangan yang keluar.

Lampu pijar 12V 5W terlihat redup saat disuplay tegangan 4V.

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk merakitnya:
  • Box plastik seri X1 (paling kecil)
  • Modul DC Buck Stepdown (Buck Power Supply) 3A + Voltmeter
  • Potensiometer Mono 10K atau 5K akan lebih linier.
  • 2 set jepit buaya kecil
  • Kabel dua warna, 2x20 atau 2x30(secukupnya saja)
  • Kabel jumper kecil untuk seven segment (secukupnya saja)
  • 4x skrup kecil
  • 1x knob potensio (Φ 25mm atau sesuai selera)
  • Bahan lain bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

Kesimpulan, karena output tegangan cukup akurat dan stabil, alat ini sangat berguna dalam proses perbaikan perangkat digital seperti perbaikan smartphone, music box, terutama untuk kamera digital yang biasanya tidak semua power supply bisa menjalankannya.
Modul stepdown versi 3A saya pikir lebih kompatibel untuk itu, arus yang keluar dikisaran 2.5A, tidak terlalu besar sehingga resiko merusak perangkat lain juga lebih kecil.