Saya memiliki sebuah server lama dari IBM namun kondisinya rusak, setelah di cek ternyata kerusakan ada di PSU. Server ini menggunakan PSU dari Delta Electronics dengan model DPS-908CB A.
Sebelum membeli PSU baru, saya mencoba melakukan pembongkaran dengan harapan bisa saya perbaiki, namun sepertinya sia-sia, PSU ini sangat kompleks dan sulit untuk saya perbaiki. Dari hasil analisa setiap bagian, saya tertuju pada PCB logic disamping PCB utama, sepertinya ada masalah pada controller primer sehingga PSU ini betul-betul mati tanpa ada indikator yang menyala.


Foto diatas adalah foto setelah logic board saya lepas dan sengaja saya pasang disamping pcb utama agar mudah saat melakukan pengukuran.
Secondary Controller menggunakan PIC16F886, MCU bertugas sebagai Power Management sperti mengatur dan mengukur kecepatan kipas, mengolah sinyal dari berbagai sensor, mengatur pembagian arus output, mengatur PWM trafo utama, dan sebagainya.

Primary Controller menggunakan MCU MC908QB4 atau MC68HC908QB.

Walaupun saya gagal memperbaki PSU ini, setidaknya saya memperoleh beberapa informasi tambahan tentang PSU ini. Sebelumnya saya mencari referensi pinout di internet namun informasi tersebut sangat terbatas sehingga tetap harus menganalisa sendiri lebih jauh. Berikut adalah hasil analisa saya tentang pinout dari PSU ini:
Gambar diatas adalah hasil analisa saya, dan gambar dibawah ini adalah data pinout dari www.rcgroups.com
Untuk pin 4 sepertinya agak berbeda dengan referensi dari rcgroups.com, disini saya tandai dengan "?" karena pin ini tidak terhubung ke GND secara langsung, tapi menuju salah satu pin ke logic board.

Untuk ditelnya bisa dilihat di daftar berikut ini:
OUTPUT PIN__DESKRIPSI__LOGIC BOARD PIN
1_____________GND
2_____________SDA
3_____________PS_ON
4_____________?____________to PIN23 logic board
5_____________?____________to PIN24 logic board
6_____________?____________to PIN42 logic board
7_____________5V OUT
8_____________TACHO_OUT PSU Fan hall sensor
9_____________?____________to PIN48 logic board
10__NC
11__NC
12__NC
13____________?____________to PIN49 logic board
14____________SCL
15____________?____________to PIN47 logic board
16____________?____________to PIN44 logic board
17____________?____________to PIN25 logic board
18____________5V OUT
19____________GND
20____________12V from main out (12V Sense)
21__NC
22__NC
23__NC
24__NC

Logic Board

Saya mencoba melakukan scanning I²C address pada MCU PIC16F886 dengan menggunakan arduino, pada jendela serial monitor hanya muncul adress 0x20 dan 0x50, tapi saya tidak tahu cara menggunakannya.

Itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.