Tentang PSU server merek hp Proliant model HSTNS-PL14, adalah sebuah power supply server dengan output tegangan 12V dan arus max. 38A. Cukup besar untuk menyalakan segala jenis peralatan bengkel elektronik, bisa dipakai untuk test power ampli mobil, motoran 12V, pemancar Radio, atau perangkat lainnya yang membutuhkan supply tegangan 12V.

Sebenarnya artikel ini bukanlah sebuah tips atau tutorial modifikasi, namun hanyalah tutorial cara menghidupkan power supply saja, agar judul tidak terlalu panjang dan mudah dicari, jadi saya memakai kata modifikasi saja.

Kembali ke tema, pada saat standby power supply ini mengeluarkan tegangan 12V dengan arus 2A saja pada pinout yang berukuran kecil, sedangkan 12V berarus 38A akan keluar dari pin yang paling lebar disaat power supply keadaan ON. Untuk pinout sendiri ada banyak pin disana, untuk menemukan pin Power ON tidaklah mudah dan tidak boleh sembarangan asal jumper saja karena dapat menyebabkan terjadinya short dan merusak perangkat itu sendiri. Oleh karena itu silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Komponen yang dibutuhkan hanyalah sebuah resistor berukuran 330 ohm saja, bisa 1/4W, 1/2W. Dst.


Keadaan ON


Tentunya lain model lain pula pin outputnya, ada banyak model PSU untuk server hp proliant, dan ini hanya salah satunya saja yang kebetulan saya miliki. Tiap model berbeda output, namun sejatinya sistem kerja tak berbeda jauh, atau bahkan sama.