NOKIA C3-00 adalah ponsel nokia jenis qwerty yang rilis pada tahun 2010. Ponsel ini cukup mewah pada masanya dan memang saat itu sedang ramai ponsel dengan keypad qwerty.
Namun saya tidak akan membahas tentang ponsel tersebut, karena pokok artikel ini hanya fokus ke LCD saja, terutama pinout.
Nokia C3-00 menggunakan layar LCD TFT 2.4" dengan resolusi 320x240, jika dibandingkan dengan layar ponsel sekarang akan terlihat cukup kecil, namun jika digunakan sebagai bahan eksperimen mikrokontroler, lcd 2.4" sudah cukup lebar. Lalu apakah bisa lcd nokia c3-00 disambungkan ke microcontroller seperti arduino, esp atau lainnya?
Inilah yang sedang saya pikirkan, sebagai referensi inilah pinout lcd nokia c3-00:

Area konektor lcd


Sisi kanan adalah pin dari chip driver, sisi kiri adalah pin menuju konektor lcd.


Gambar diatas adalah skema bagian driver lcd yang saya ambil dari service manual nokia c3-00.

Dari nama-nama pin sepertinya lcd ini menggunakan komunikasi parallel, mirip dengan lcd grafik pada umumnya hanya penamaan pin sedikit berbeda. Tapi saya tidak bisa menjamin apakah benar-benar sama atau tidak karena saya belum pernah mencoba langsung. Mungkin lain waktu saya akan mencobanya dan jika berhasil akan saya unggah di blog ini.

Ok, itu saja semoga bermanfaat dan terima kasih.