Buat yang pusing soal CNC seperti saya, kali ini saya akan share sebuah software CNC yang lumayan simpel dan mudah digunakan, sebelumnya saya sudah mondar-mandir, download sana download sini untuk mendapatkan program CNC atau GRBL yang mudah, namun semuanya tidak bisa berjalan dengan baik. Saya beli sebuah Arduino Nano beserta GRBL Shield dan driver stepper motornya, namun saya tidak tahu sama sekali tentang arduino, memahami program saja saya tidak tahu apalagi menulisnya. Saya coba download project di berbagai blog dengan program arduino, setelah di upload ke board ternyata berjalan namun tidak sempurna, saya punya banyak motoran stepper bekas printer dan DVD Drive, saya coba semuanya memang berjalan, tapi steep nya sangat kecil, pergerakannya sedikit sekali dan motoran cepat panas, bahkan ada yang meleleh.
Setelah itu saya berhenti menggarap project tersebut dan saya tinggalkan berbulan-bulan sampai akhirnya saya membuka youtube dan searching kembali tentang project itu, saya menemukan beberapa video buatan orang bule, video tersebut cukup jelas dan disertakan juga link download softwarenya.
Software tersebut bernama Benbox, dan dapat didownload di akhir tulisan, berikut ini adalah tampilan software tersebut:

Tampilan utama program Benbox.
Biasanya saat pertama membuka program ini bahasa yang dipakai adalah bahasa mandarin, untuk mengubahnya ke bahasa inggris tinggal klik icon bendera kecil di pojok kiri atas, berjajar dengan icon (i) dan (!).

Setelah didownload, Extract file tersebut dan Anda akan menemukan tiga file didalamnya.

Install driver.exe terlebih dahulu jika driver USB to Serial COM belum terinstall di komputer Anda. Jika memang sudah ada, abaikan saja file ini setelah itu install file Benbox.exe seperti menginstall program pada umumnya hingga selesai, tapi perlu diingat, terkadang saat pertama instalasi akan tampil dialog pemilihan lokasi folder instalasi, biasanya standar path lokasi instalasi software pada umumnya adalah C:/Program Files/blablabla... Nah di di program ini justru D:/Program Files/blablabla... Tentunya jika dibiarkan saja akan terjadi error dan instalasi gagal, maka dari itu, rubahlah drive D:/ menjadi C:/ lalu klik next, next, next, dan next hingga selesai dan programpun sudah bisa sipakai.

Sambungkan Arduino Anda ke PC / Laptop, perhatikan notifikasi yang muncul apakah terdeteksi COM2 / COM3 / COM lainnya, setelah tahu posisi arduino di port COM berapa, atur program Benbox ke port COM yang sesuai. Tombol setelannya berada di sebelah kanan atas, berwarna biru ber gambar setrip-setrip tiga.

Agar board arduino dapat berjalan, perlu melakukan flashing firmware terlebih dahulu, klik icon Firmware Update di bagian atas yang berlogo seperti petir, cari file bernama "firmware laser.hex" yang tadi sudah diextract lalu klik ok / yes, tunggu sampai proses flashing selesai.

Sampai disini CNC seharusnya sudah bisa berjalan, cobalah menekan tombol atas / bawah / kanan / kiri di keyboard untuk memastikan proses berhasil.

Anda dapat mengimport / memasukkan gambar apapun maka secara otomatis program akan mengkonversinya ke gambar hitam putih. 

Link Video: 
<a href="https://m.youtube.com/watch?v=nkO8--Zyl8w">https://m.youtube.com/watch?v=nkO8--Zyl8w</a>

Link download:
<a href="http://download1626.mediafire.com/81i9u1i833bg/hb22rv2rcyn7vc7/file-CNC.rar"> CNC.RAR</a>

Sekian dan
Terima kasih