Proyek arduino yang saya buat sekarang adalah sebuah voltmeter dengan empat channel input. voltmeter ini sangat sederhana karena hanya memerlukan beberapa komponen saja, yaitu Board Arduino, LCD grafik 128x64, dan beberapa resistor pendukung.



        Walaupun sederhana namun cukup bisa diandalkan untuk penggunaan standar yang tidak memerlukan akurasi pengukuran yang tinggi, misalnya untuk keperluan bengkel otomotif seperti pengukuran tegangan aki/baterai, charger baterai, dan sebagainya.
        Kode program menggunakan library u8g2 karena mendukung banyak jenis display, ADC reading menggunakan moving average untuk memperoleh pembacaan ADC yang stabil dan halus. Display saya menggunakan LCD grafik ST7565 dengan komunikasi SPI, bisa diganti ke display lain seperti OLED, tapi kode program harus disesuaikan dengan display yang dipakai.




Skema Rangkaian 4ch Voltmeter

        Pilih pin analog yang memiliki input sama atau mendekati agar tiap channel menghasilkan pengukuran yang sama atau mendekati juga. Untuk board arduino milik saya, pin A2 - A5 memiliki perbedaan input yang cukup besar jadi tidak saya pakai.
        Konfigurasi Analog Vref  5V (internal), sesuaikan dengan board arduino yang digunakan dan lakukan kalibrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat. Kode yang saya buat menyesuaikan hardware yang saya pakai, titik akurasi di posisi sekitar 12V, jadi jika mengukur tegangan dibawah 12V ada kemungkinan hasil pengukuran akan lebih kecil beberapa mili volt dari yang sebenarnya, dan sebaliknya jika mengukur tegangan diatas 12V hasil pengukuran akan lebih besar beberapa milivolt.

Gambaran akurasi pengukuran

        Arduino nano menggunakan MCU Atmega328 dengan ADC 10bit dan untuk resolusi adalah 0.049V, ini cukup kasar jadi saya tidak merekomendasikan penggunaan angka dibelakang koma lebih dari dua digit, hal ini karena perubahan angka hanya akan terjadi tiap ada perubahan tegangan sebesar 0.049V. Penambahan digit hanya akan menambah kacau mata kita karena teralu banyak angka tak berguna dibelakang koma yang berjalan tidak jelas. Jika ingin mendapat hasil pengukuran yang lebih akurat kita bisa menggunakan modul ADC eksternal seperti ADS1115 dengan ADC 16bit.

        Kesimpulannya, walaupun voltmeter ini memiliki kelemahan pada resolusi dan akurasi, saya pikir masih sangat layak digunakan sebagai alat ukur sederhana untuk mendukung pekerjaan atau keperluan praktek. Bagi yang ingin mencoba, silahkan download kode programnya DISINI.

Semoga bermanfaat, salam.